Efektivitas Strategi Live Streaming dalam Meningkatkan Minat Beli Generasi Z: Pendekatan AIDA pada Produk Kecantikan di E-Commerce Shopee

Authors

  • Dina Fitria Ningrum Universitas Dian Nuswantoro
  • Liya Umaroh Universitas Teknologi Digital

DOI:

https://doi.org/10.52859/jbm.v13i1.682

Keywords:

Live Streaming, E-Commerce, AIDA

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari live streaming terhadap minat beli pada produk Somethinc di Shopee, merujuk pada model bauran pemasaran promotion dan interactive marketing serta berdasar pada model AIDA. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan deskriptif melalui metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat generasi Z di Kota Semarang dengan total 100 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada generasi Z yang aktif menggunakan e-commerce Shopee dan familiar dengan produk Somethinc. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, uji-t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Shopee live streaming memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli produk Somethinc pada generasi Z, dengan hasil yang sejalan dengan model bauran pemasaran promotion dan interactive marketing, serta sesuai dengan teori AIDA dalam analisis perilaku minat beli.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-09-13

How to Cite

Ningrum, D. F., & Umaroh, L. (2024). Efektivitas Strategi Live Streaming dalam Meningkatkan Minat Beli Generasi Z: Pendekatan AIDA pada Produk Kecantikan di E-Commerce Shopee. Jurnal Bina Manajemen, 13(1), 113–127. https://doi.org/10.52859/jbm.v13i1.682