https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/issue/feed Jurnal Bina Manajemen 2024-07-01T06:10:00+00:00 Liestyaningrum R. Wisnu Putri liestyaningrum@wym.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Adalah sarana publikasi dari Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wiyatamandala Jakarta. Artikel ilmiah yang diterbitkan secara berkesinambungan ini dimaksudkan sebagai wadah pertukaran gagasan, telaah dan kajian dari Ilmu Manajemen. Di samping sebagai penyalur informasi Jurnal ini punya tujuan untuk pengembangan dan pembangunan ilmu bidang manajemen. Adapun topik yang dimuat dalam publikasi ini adalah mencakup topik ilmu manajemen secara umum, dan berbagai bidang peminatan ilmu manajemen seperti Manajemen Pemasaran (<em>marketing</em>), Manajemen Keuangan (<em>finance</em>), Manajemen Sumber Daya Manusia (<em>human resources management</em>), Manajemen Operasional (<em>operation</em>), Manajemen Stratejik (<em>strategic management</em>), Manajemen Risiko (<em>risk management</em>), dan kewirausahaan secara umum (<em>entrepreneurship</em>).</p> <p style="text-align: justify;">Penerbitan ini memuat tulisan yang bersifat ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian dan aplikasi teori, gagasan konseptual, resensi buku baru, bibliografi dan tulisan praktis dari kalangan ahli, akademisi maupun praktisi. Tulisan-tulisan yang dimuat telah melalui proses penyutingan seperlunya oleh penerbit dengan tanpa mengubah substansi sesuai naskah aslinya. Tulisan dalam setiap penerbitan merupakan tanggung jawab pribadi penulisnya dan bukan mencerminkan pendapat penerbit. Jurnal Bina Manajemen terbit setiap tahun sebanyak 2 (dua) kali, yaitu bulan September dan Maret.</p> https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/565 Pengaruh Brand Experience dan Brand Reputation terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Relationship Quality Sebagai Variabel Mediaso (Kasus Produk Det*** Antiseptik di Jakarta) 2024-05-03T06:19:37+00:00 Emmanuel Constantinus Sila emmanuelcsial@gmai.comm Tommy Setiawan Ruslim tommyr@fe.untar.ac.id Louis uta louisu@fe.untar.ac.id Henryanto Wijaya henryantow@fe.untar.ac.id <p>Pandemi Covid 19 sangat meresahkan, tidak hanya masyarakat Indonesia melainkan seluruh dunia. Banyak produk yang ditawarkan selama masa pandemi untuk membantu melindungi tubuh dari penyebaran virus covid 19 ini, dan salah satunya&nbsp;adalah Det*** Antiseptik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan <br>antara pengalaman merek dan reputasi merek terhadap loyalitas merek dengan kualitas hubungan merek sebagai variabel mediasi produk Det*** Antiseptik. Terdapat 301 sampel dalam penelitian ini, dan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online dan&nbsp;diolah menggunakan PLS-SEM. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa <br>pengalaman merek dan reputasi merek memiliki pengaruh yang positif terhadap loyalitas merek yang dimediasi oleh kualitas hubungan merek.</p> 2024-05-03T05:38:15+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/566 Instagram dan Fasilitas Dalam Menciptakan Minat Berkunjung Kembali Di Kabupaten Sampang 2024-05-03T06:19:38+00:00 Moh Haikal Saputra 200211100196@student.trunojoyo.ac.id Fathor AS fathor.as@trunojoyo.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media instagram dan fasilitas terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan di wisata Pantai Lon Malang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu wisatawan yang sedang berkunjung di Pantai Lon Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Variabel dibagi menjadi 3 bagian diantaranya variabel eksogen: sosial media instagram dan fasilitas, serta variabel endogen: minat berkunjung kembali dan variabel intervening yaitu kepuasan wisatawan. Teknik analisis data menggunan partial least square (PLS) dengan program SmartPLSversi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media instagram (X1) dan fasilitas (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Sosial media instagram (X1) dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kepuasan wisatawan (Z) berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. Sosial media instagram (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan. Fasilitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan.</p> 2024-05-03T05:38:58+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/567 Perbandingan Perilaku Penggunaan Metode Pembayaran Pasca Covid Mahasiswa Dan Orang Tua Terhadap Keputusan Pembelian 2024-05-03T06:19:38+00:00 Sutrisno Sutrisno Sutrisno@wym.ac.id <p>Covid-19 telah berkembang menjadi fenomena yang menakutkan bagi semua industri, khususnya perekonomian Indonesia karena banyaknya usaha yang gagal menyebabkan penurunan daya beli masyarakat dan perlambatan pada pertumbuhan ekonomi. Virus corona dapat menular melalui uang, kartu kredit, atau tangan orang <br>yang memberi atau menerima uang. Masyarakat didesak oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menggunakan pembayaran tanpa kontak. Oleh karena itu, pandemi telah mengubah perilaku masyarakat dalam transaksi nontuna&nbsp;menggunakan dompet digital untuk membatasi risiko terinfeksi. Transaksi yang melibatkan dompet digital adalah hasil dari kemajuan teknologi yang juga dikenal sebagai gerakan nontunai atau "cashless society" yang menggambarkan orang- orang yang melakukan transaksi tanpa menggunakan uang tunai dan lebih memilih cashless. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen pasca pandemi antara anak-anak muda yang sering disebut generasi Z dengan orang tua sebagai generasi X pada metode pembayaran saat mereka bertransaksi, yang tentunya&nbsp;berpengaruh pada keputusan pembelian suatu produkatau jasa.</p> 2024-05-03T05:39:28+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/568 Analisis Evaluasi Kelayakan Investasi Usaha Garam Di Kabupaten Pamekasan 2024-05-03T06:19:38+00:00 Habibur Rahman ahmathabiburjaya08@gmail.com <p>Garam sebagai salah satu produk sumberdaya perikanan non hayati yang memiliki prospek bisnis yang cukup bagus, karena garam merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia seperti bahan pangan, bahan kimia, dan bahan pengawet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja finansial dan keragaan produksi tambak garam di Desa Pengarengan. Penelitian ini dilakukan dengan <br>metode studi kasus dengan teknik wawancara dan kuesioner. Kedua skala kelompok usaha tambak garam terdiri dari lahan pribadi dan lahan sewa menunjukkan menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Kinerja finansial usaha garam lahan pribadi yakni pendapatan sebesar Rp. 35.210.000, GPM (53%), R/C rasio (1,86), PP (9 bulan), dan NPV hingga 5 tahun mendatang sebesar Rp. 198.139.803. Sedangkan kinerja finansial usaha garam sewa lahan yakni pendapatan sebesar Rp.32.355.000, GPM (53%), R/C rasio (1,74), PP (10 bulan), dan NPV hingga 5 tahun mendatang sebesar Rp. 195.075.632. Secara keseluruhan, benefit yang diterima petambak termasuk baik karena dapat menutupi biaya operasional yang dikeluarkannya dan memperoleh keuntungan.</p> 2024-05-03T05:40:09+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/569 Peran Citra Destinasi dan E-WOM Terhadap Minat Berkunjung Kembali Melalui Keputusan Berkunjung Pada Wisata Kabupaten Sampang 2024-07-01T06:10:00+00:00 Fahrur Rosi 200211100064@student.trunojoyo.ac.id Fahrur Rosi 200211100064@student.trunojoyo.ac.id Fathor AS fathor.as@trunojoyo.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak citra destinasi,electronic word of mouth dan keputusan berkunjung terhadap minat berkunjung kembali di desa wisata&nbsp;kabupaten sampang. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampling101 <br>Responden dengan menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode Partial Least Square (SmartPLS). Berdasarkan hasil penelitian 1. Citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. 2. Citra detinasi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat berkunjung kembali. 3. Electronic word of mouth berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan berkunjung. 4. Electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali. 5. Keputusan berkunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali.</p> 2024-05-03T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/570 Peran Media Sosial Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Melalui Keputusan Berkunjung Pada Desa Wisata Kabupaten Sampan 2024-05-03T06:19:39+00:00 Isroul Ayu Maulidiyah 200211100104@student.ac.id Fathor AS fathor.as@trunojoyo.ac.id <p>Penelitian ini dilakukan guna menguji peran media sosial dan citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan melalui keputusan berkunjung di desa wisata&nbsp;Kabupaten Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah wisatawan yang pernah berkunjung dengan jumlah sampel <br>sebanyak 100 sampel dengan menggunakan teknik sampling yaitu accidental sampling. Data dihasilkan dari penyebaran kuesioner, wawancara, dan pengamatan di lapangan. Kemudian data dianalisis menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan variabel media sosial dan citra destinasi dapat secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan melalui keputusan berkunjung pada desa wisata kabupaten sampang.</p> 2024-05-03T05:41:35+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/572 Persepsi Etika Bisnis Mahasiswa Dan Dosen Akuntansi : Tinjauan Berdasarkan Kelompok Gender 2024-05-03T06:19:39+00:00 Maha Rona Makom maharani.ronamakom@polines.ac.od Avincennia Vindy Fitriana avincennia.fitriana@ubpkarawang.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan persepsi Mahasiswa Etika Bisnis dan Dosen Akuntansi berdasarkan kelompok gender. Sampel dalam penelitian ini adalah 87 responden Mahasiswa Akuntansi dan Dosen Akuntansi PTN dan PTS di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Independent-Samples T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi dan dosen akuntansi terhadap norma etika yang ada di lingkungan bisnis. Mahasiswa dan dosen akuntansi memiliki perbedaan persepsi yang cukup signifikan, hal ini dapat disebabkan karena dosen akuntansi telah memiliki banyak pengalaman dalam mempelajari masalah etika dalam bisnis. Hasil kedua menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara mahasiswa pria dan wanita dalam etika bisnis. Hasil ketiga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi etika bisnis pada kelompok dosen pria dan wanita. Tidak ada perbedaan persepsi antara laki-laki dan perempuan, hal ini dapat disebabkan karena persepsi tidak dapat diukur dengan gender.</p> 2024-05-03T06:18:05+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/573 Pengaruh pelatihan Kerja, Pengembangan Karir Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Volex Indonesia 2024-05-03T06:19:39+00:00 Ayu Ayu pb190910242@upbatam.ac.id Hikmah Hikmah anchy_lutfy@yahoo.co.id <p>Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh pelatihan kerja, pengembangan karir, dan stres kerja terhadap kinerja karyawan PT Volex Indonesia. Penelitian ini mencakup populasi 135 orang, dan pemilihan partisipan didasarkan pada teknik sampling jenuh. Pengumpulan data untuk penyelidikan ini melibatkan penyebaran kuesioner kepada karyawan di lingkungan PT Volex Indonesia. Untuk menganalisis hubungan penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi, dilakukan berbagai pengujian antara lain penilaian kualitas data, asumsi klasik, pengaruh, dan hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa pelatihan kerja memberikan pengaruh sebesar 18,8% terhadap kinerja karyawan, pengembangan karir memberikan pengaruh terhadap kinerja sebesar 29,3%, dan stres kerja memberikan pengaruh sebesar 37,9% terhadap kinerja karyawan. Pengaruh kumulatif pelatihan kerja,&nbsp;pengembangan karir, dan stres kerja, sebagaimana ditentukan oleh koefisien determinasi (R2), diperkirakan sebesar 66,5%, menunjukkan kekuatan penjelas yang cukup besar terhadap kinerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis semakin menegaskan bahwa pelatihan kerja, pengembangan karir, dan stres kerja secara bersama-sama dan secara individu memberikan pengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap kinerja karyawan PT Volex Indonesia.</p> 2024-05-03T06:18:30+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/574 Analisis Karakteristik Penggunaan Dompet Digital GOPAY Sebagai Uang Elektronik Pads Generasi Z Kota Tangerang 2024-05-03T06:19:40+00:00 Andres Dharma Nurhalim andres@wym.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis karakteristik pengguna Gopay pada generasi Z yang berada di Kota tangerang. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 170 responden dengan kriteria Generasi Z dan pengguna aktif aplikasi gopay. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik pengguna gopay pada Generasi Z yang berada di kota Tangerang yaitu memiliki rentang usia 19-22 tahun, dominan berjenis kelamin perempuan dan mahasiswa regular Perguruan Tinggi. Memiliki rata-rata pendapatan &lt; Rp 1.000.000 per bulan. Frekuensi transaksi gopay sekitar 1-5 kali dalam sebulan, dan rata-rata jumlah pengeluaran transaksi kurang dari Rp 500.000/bulan.</p> 2024-05-03T06:18:50+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://wiyatamandala.e-journal.id/JBM/article/view/575 Eksplorasi Celah Penelitian Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Manajemen Risiko Homestay 2024-05-03T06:19:40+00:00 Sugiarto Sugiarto profsugiarto@stipram.ac.id Amin Kiswantoro aminkiswantoro@stipram.ac.id Adinoto Nursiana adinoto@wym.ac.id Dwiyono Rudi Susanto rudyderudi@gmail.com Januar Wahjudi januar.wahjudi@lecturer.mnp.ac.id Fongnawati Budhijono fongnawati@stipram.ac.id Sutrisno Sutrisno Sutrisno@wym.ac.id <p>Indonesia memiliki sumber daya pariwisata yang berlimpah yang bila diberdayakan dengan optimal memungkinkan Indonesia menjadi salah satu kekuatan pariwisata terbesar di dunia. Agar pariwisata Indonesia berkelanjutan, berbagai potensi parisata yang dimiliki<br>seyogyanya dikelola melalui kegiatan pariwisata yang berbasis masyarakat. Homestay yang diinisiasi dan dikelola oleh masyarakat lokal merupakan salah satu bentuk pariwisata yang berbasis masyarakat. Pergeseran keperilakuan wisatawan akhir-akhir ini memberi ruang akan wisata dengan minat khusus, yang menjadikan homestay dengan keunikan karakternya menjadi alternatif berwisata. Sayangnya banyak homestay yang dikelola seadanya sehingga <br>berpotensi memunculkan risiko. Normatifnya manajemen risiko pada homestay dapat membantu mengurangi risiko-risiko yang mungkin terjadi, namun hingga kini masih sedikit penelitian yang membahas tentang dampak manajemen risiko pada homestay secara keseluruhan. Penelitian tentang dampak manajemen risiko pada homestay dapat membantu pemilik homestay dalam memahami manfaat dari penerapan manajemen risiko pada homestay, dapat membantu pengelola homestay dalam menerapkan manajemen risiko secara efektif. Penelitian ini mengeksplorasi penelitian- enelitian yang sejauh ini telah dilakukan terkait pariwisata berkelanjutan berbasis manajemen risiko homestay dalam rangka melihat peluang untuk dilakukannya penelitian sehubungan manajemen risiko homestay di masa mendatang. Eksplorasi yang dihasilkan dari VoS Viewer mengindikasikan bahwa kajian tentang peran manajemen risiko homestay ataupun manajemen risiko operasional homestay&nbsp;terhadap Sustainability Tourism berbasis komunitas masih langka, dengan demikian masih terbuka peluang untuk penelitian mendatang.</p> 2024-05-03T06:19:11+00:00 ##submission.copyrightStatement##