Optimalisasi Literasi Kewirausahaan Di Kalangan Remaja Guna Mendukung Agenda Sustainable Development Goals (SDGs)
DOI:
https://doi.org/10.52859/jam.v3i2.689Keywords:
Kewirausahaan, Sustainable Development, BusinessAbstract
Pemahaman kewirausahaan bagi generasi Z (Gen Z) memiliki peran penting dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi serta meningkatkan pemahaman kewirausahaan bagi Gen Z di lingkungan SMK yang berlokasi di Jakarta Timur. Metode yang digunakan pada program ini adalah Community-Based Participant Research (CBPR) yang diawali dengan observasi permasalahan mitra, sosialisasi, serta melakukan seminar yang mencakup tema pengenalan kewirausahaan, memanfaatkan peluang, sehingga menumbuhkan pemahaman dalam
kewirausahaan. Untuk mengetahui tingkat efektivitas program ini, maka dilakukan pretest dan posttest terhadap semua peserta seminar. Hasil menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa sebesar 80% setelah mendapatkan materi dari narasumber. Nilai ini diambil dari 34 siswa, sebelum pretest siswa yang memiliki nilai range 70 – 100 hanya sebesar 5,9%. Sementara presentasi posttest pada range nilai yang sama mengalami peningkatan sebesar 91,2%. Hasil evaluasi ini akan menjadi dasar bagi tim PKM FEB UHAMKA untuk melanjutkan upaya yang sama di berbagai sekolah menegah kejuruan di wilayah Jabodetabek agar semua siswa teredukasi tentang kewirausahaan dan dapat memanfaatkan era digital sekarang ini.