Persepsi Etika Bisnis Mahasiswa Dan Dosen Akuntansi : Tinjauan Berdasarkan Kelompok Gender
DOI:
https://doi.org/10.52859/jbm.v12i2.572Keywords:
Persepsi, Etika Bisnis, Gender, Dosen Akuntansi, Mahasiswa, EtikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan persepsi Mahasiswa Etika Bisnis dan Dosen Akuntansi berdasarkan kelompok gender. Sampel dalam penelitian ini adalah 87 responden Mahasiswa Akuntansi dan Dosen Akuntansi PTN dan PTS di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Independent-Samples T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antara mahasiswa akuntansi dan dosen akuntansi terhadap norma etika yang ada di lingkungan bisnis. Mahasiswa dan dosen akuntansi memiliki perbedaan persepsi yang cukup signifikan, hal ini dapat disebabkan karena dosen akuntansi telah memiliki banyak pengalaman dalam mempelajari masalah etika dalam bisnis. Hasil kedua menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara mahasiswa pria dan wanita dalam etika bisnis. Hasil ketiga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persepsi etika bisnis pada kelompok dosen pria dan wanita. Tidak ada perbedaan persepsi antara laki-laki dan perempuan, hal ini dapat disebabkan karena persepsi tidak dapat diukur dengan gender.