Instagram dan Fasilitas Dalam Menciptakan Minat Berkunjung Kembali Di Kabupaten Sampang

Authors

  • Moh Haikal Saputra Universitas Trunojoyo Madura
  • Fathor AS Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.52859/jbm.v12i2.566

Keywords:

Sosial Media Instagram, Fasilitas, Kepuasan Wisatawan, Minat Berkunjung Kembali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media instagram dan fasilitas terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan di wisata Pantai Lon Malang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu wisatawan yang sedang berkunjung di Pantai Lon Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Variabel dibagi menjadi 3 bagian diantaranya variabel eksogen: sosial media instagram dan fasilitas, serta variabel endogen: minat berkunjung kembali dan variabel intervening yaitu kepuasan wisatawan. Teknik analisis data menggunan partial least square (PLS) dengan program SmartPLSversi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media instagram (X1) dan fasilitas (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali. Sosial media instagram (X1) dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kepuasan wisatawan (Z) berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. Sosial media instagram (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan. Fasilitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung kembali melalui kepuasan wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-03

How to Cite

Saputra, M. H., & AS, F. (2024). Instagram dan Fasilitas Dalam Menciptakan Minat Berkunjung Kembali Di Kabupaten Sampang. Jurnal Bina Manajemen, 12(2), 14–29. https://doi.org/10.52859/jbm.v12i2.566