Penyaringan Plagiat

Naskah yang diserahkan ke jurnal nantinya akan cek untuk plagiarisme dengan menggunakan Perangkat Lunak Turnitin.

Jurnal hanya mengambil bahan asli untuk publikasi, artikel yang belum pernah diterbitkan sebelumnya dan belum disajikan untuk publikasi ke jurnal lain.
Naskah, apabila plagiarisme atau pinjaman teks tanpa menggunakan referensi ke sumber aslinya terungkap, ditolak oleh dewan editorial sebelum publikasi artikel dalam Jurnal.
Dewan editorial Jurnal menganalisis kasus plagiarisme sebenarnya. Jika plagiarisme atau pinjaman teks diungkapkan oleh editor atau pengulas pada setiap tahap sebelum publikasi naskah, maka penulis diperingatkan akan perlu menulis ulang teks atau membuat referensi ke sumber aslinya.

Naskah, apabila plagiarisme terungkap, diproses berdasarkan jumlah plagiarisme, disajikan dalam naskah: jika plagiarisme kurang dari 25%, naskah segera dikirim ke penulis untuk pemeriksaan ulang konten. , dan jika plagiarisme lebih dari 25%, naskah ditolak tanpa peninjauan editorial. Para penulis disarankan untuk memeriksa kembali pinjaman teks dan penjiplakan naskah dan untuk mempresentasikannya berulang kali dalam naskah baru.

Persentase plagiarisme dihitung oleh perangkat lunak dan juga diperkirakan oleh dewan editorial.