PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SIKLUS AKUNTANSI MAHASISWA UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.52859/jba.v11i1.591Keywords:
Persepsi Mahasiswa, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Universitas Bina Sarana Informatika SurakartaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Persepsi Mahasiswa tentang di kampus dan motivasi belajar aktivitas belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika baik secara parsial maupun simultan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportionate Random Sampling yang berjumlah 204 siswa. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi
penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 sampai semester 7 dengan progam studi S1 Akuntansi dan D3 program keahlian akuntansi sebanyak 200 mahasiswa. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa, motivasi belajar dan aktivitas belajar memiliki pengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siklus akuntansi. Secara parsial persepsi mahasiswa memiliki pengaruh terhadap hasil belajar, akan tetapi motivasi belajar dan aktivitas belajar tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siklus akuntansi.