DAMPAK LIKUIDITAS, TANGGUNG JAWAB SOSIAL, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.52859/jba.v11i1.588Keywords:
Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Tanggung Jawab Sosial, LeverageAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran likuiditas,
tanggungjawab sosial, leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada sektor konsumsi barang non primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 3 tahun. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling dan terpilih 51 data yang valid. Pengolahan data dilakukan dengan analisis regresi berganda melalui program Eviews 12. Ternyata penelitian memberikan hasil hanya profitabilitas yang memiliki dampak positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba dalam suatu periode merupakan signal yang positif bagi investor dalam melakukan prediksi nilai suatu perusahaan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa likuiditas tidak memiliki dampak terhadap nilai perusahaan dengan arah negatif, tanggungjawab sosial tidak memiliki dampak terhadap nilai perusahaan dengan arah negatif, dan ukuran perusahaan tidak memiliki dampak terhadap nilai perusahaan dengan arah negatif. Sebaliknya leverage tidak memiliki dampak terhadap nilai perusahaan dengan arah positif.