Pengaruh PAD, Dana Perimbangan, SiLPA, Kemiskinan dan Pengangguran terhadap Indeks Pembangunan Manusia dengan Alokasi Belanja Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Selatan)

  • Verawaty Verawaty Universitas Bina Darma
  • Siti Salwa Universitas Bina Darma
Keywords: IPM, Balancing Fund, Poverty, unemployment, Capital Expenditure

Abstract

Pembangunan manusia adalah sebuah proses perluasan pilihan bagi manusia, khususnya dalam mengakses hasil pembangunan dan tercapainya tujuan pembangunan manusia ini dapat ditinjau dari IPM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis PAD, DAU, DAK, DBH, SilPA, Kemiskinan dan Pengangguran yang mempengaruhi IPM melalui belanja modal sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan SPSS dan uji sobel. Hasil penelitian yaitu PAD dan Pengangguran berpengaruh signifikan positif terhadap IPM. DAU, DAK, DBH, SiLPA, Kemiskinan tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap IPM. DAK, DBH, Kemiskinan berpengaruh signifikan positif terhadap Belanja Modal dan PAD berpengaruh signifikan  negatif terhadap Belanja modal. DAU SiLPA, Pengangguran tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap Belanja modal namun Belanja Modal tidak mengintervensi seluruh variabel penelitian. Pemerintah lebih memperhatikan upaya peningkatan IPM ini baik dari melalui belanja modal maupun alokasi dana lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-02
How to Cite
Verawaty, V., & Salwa, S. (2022). Pengaruh PAD, Dana Perimbangan, SiLPA, Kemiskinan dan Pengangguran terhadap Indeks Pembangunan Manusia dengan Alokasi Belanja Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Selatan). Jurnal Bina Akuntansi, 10(1), 37-55. https://doi.org/10.52859/jba.v10i1.262