FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.52859/jba.v8i2.148Keywords:
Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, CSRAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kembali pengaruh dari profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan serta untuk mengetahui peranan dari Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan Manufaktur yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2018. Penelitian ini mengambil 50 sampel perusahaan dengan memanfaatkan metode Purposive Sampling. Penelitian ini juga dilakukan dengan bantuan software E-Views 9.0 untuk memproses data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, Leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR) memperlemah pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, dan juga memperlemah pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan.